Palestina: Israel Halangi Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 16 Februari 2021 - 06:17:00 WIB
Palestina: Israel Halangi Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza
Bendera Palestina (ilustrasi). (Foto: AFP)

GAZA, iNews.id – Otoritas Palestina (PA) menuduh Israel menghalangi pengiriman vaksin Covid-19 ke Gaza. Padahal, warga di wilayah itu sampai sekarang belum mendapatkan suntikan vaksin sama sekali.

Seorang pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters, PA mencoba mengirimkan 2.000 dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia dari Tepi Barat yang diduduki zionis ke Gaza, Senin (15/2/2021) kemarin. Akan tetapi, Israel malah menghentikan pengiriman dosis tersebut di pos pemeriksaan Tepi Barat. 

“Israel memberi tahu pihak Palestina bahwa tidak ada persetujuan untuk melanjutkan (pengiriman vaksin) ke Gaza,” ungkap pejabat itu.

Sementara, seorang pejabat keamanan Israel mengatakan, permintaan PA untuk mengirimkan 2.000 dosis masih dalam tahap pemeriksaan. Dia pun mengakui, belum ada persetujuan yang diberikan pemerintah zionis.

Badan yang ditugasi menyetujui pengiriman vaksin itu adalah Dewan Keamanan Nasional Israel, bagian dari pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Namun, saat dimintai tanggapan oleh wartawan, Kantor Netanyahu tidak memberikan komentar terkait penghalangan itu.

Pejabat PA mengatakan, Palestina telah mengajukan permintaan pengiriman vaksin corona ke Gaza kepada otoritas pertahanan Israel. Pengajuan permintaan itu segera setelah Palestina menerima pengiriman awal 10.000 dosis vaksin Sputnik V di Tepi Barat pada 4 Februari lalu.

“Hari ini, 2.000 dosis vaksin Sputnik V Rusia dikirimkan ke Jalur Gaza. Akan tetapi, otoritas pendudukan (Israel) mencegahnya,” demikian pernyataan Menteri Kesehatan PA, Mai Alkaila, kemarin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2