Palestina Konfirmasi Korban Meninggal Pertama di Gaza akibat Virus Corona

Anton Suhartono ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 08:29 WIB
Palestina Konfirmasi Korban Meninggal Pertama di Gaza akibat Virus Corona

Otoritas Gaza konfirmasi korban meninggal pertama akiba virus corona (Foto: AFP)

GAZA, iNews.id - Pihak berwenang Jalur Gaza, Palestina, melaporkan kasus kematian pertama akibat virus corona, Sabtu (23/5/2020).

Pengumuman ini disampaikan setelah wilayah yang diblokade Israel itu mengalami peningkatan kasus infeksi yang tajam dalam beberapa hari terakhir. Korban meninggal merupakan pria 77 tahun.

"Fadila Muhammad Abu Raida (77) dari Khan Yunis, meninggal dalam isolasi di rumah sakit di Rafah Crossing karena terinfeksi virus corona," demikian keterangan kementerian kesehatan di Gaza, dikutip dari AFP, Minggu (24/5/2020).

Gelombang kasus infeksi di antara penduduk terjadi dalam beberapa hari terakhir, meningkatkan kekhawatiran akan wabah yang lebih besar. Meski demikian total kasus masih terbilang kecil yakni 55.

Dalam beberapa hari terakhir, sekitar 1.500 warga Palestina yang terjebak di Mesir diizinkan untuk kembali melalui perbatasan Rafah, Mesir. Sejumlah warga lainnya diizinkan masuk dari Israel.

Mereka harus menjalani karantina selama 14 hari. Dalam perkembangannya, 35 warga yang pulang itu dikonfirmasi positif Covid-19, termasuk 25 di antaranya pada Kamis.

Pejabat kementerian kesehatan Yussef Abu Al Reesh mengatakan, mereka yang terinfeksi sebelumnya sempat berbaur dengan masyarakat, memicu kekhawatiran penularan lebih luas.

PBB memperingatkan wabah virus corona di Gaza bisa menjadi bencana, mengingat tingkat kemiskinan yang tinggi dan minimnya fasilitas kesehatan.

Editor : Anton Suhartono