Pangeran Philip Meninggal Dunia, PM Johnson: Dia Disayangi Seluruh Dunia

Anton Suhartono · Jumat, 09 April 2021 - 19:09:00 WIB
Pangeran Philip Meninggal Dunia, PM Johnson: Dia Disayangi Seluruh Dunia
Pangeran Philip (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, Jumat (9/4/2021).

Dalam keterangan yang disampaikan di kantor perdana menteri Downing Street, Johnson mengatakan telah menerima kabar duka dari Istana Buckingham, bahwa Duke of Edinburgh meninggal di usia 99 tahun. 

"Sangat menyedihkan beberapa saat lalu saya menerima kabar dari Istana Buckingham bahwa Yang Mulia Duke of Edinburgh meninggal dunia pada usia 99 tahun. Pangeran Philip mendapatkan kasih sayang dari beberapa generasi di Inggris Raya, seluruh Negara Persemakmuran, serta seluruh dunia," kata Johnson, dikutip dari Reuters.

Johnson juga menyinggung peran besar dari sosok Pangeran Philip, termasuk pengorbanannya dalam Perang Dunia II.

"Dia merupakan salah satu orang terakhir yang masih hidup di negara ini yang pernah bertugas dalam Perang Dunia II di Cape Matapan, di mana dia disebut dalam pengiriman yang berani dan invasi Sisilia, tempat dia menyelamatkan kapal melalui pemikirannya yang cepat," kata Johnson.

Lebih lanjut Johnson mengatakan, Pangeran Philip seperti masinis yang membantu mengarahkan gerbong keluarga kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi lembaga vital tak terbantahkan dalam menjaga keseimbangan dan kesejahteraan Inggris.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2