Pangkalan Militer AS di Irak Dihujani Roket oleh Iran, Trump: Semua Baik-Baik Saja

Anton Suhartono ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 10:33 WIB
Pangkalan Militer AS di Irak Dihujani Roket oleh Iran, Trump: Semua Baik-Baik Saja

Stasiun televisi Iran merilis roket-roket ditembakkan ke pangkalan militer AS di Irak (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Donald Trump mendapat laporan soal serangan roket terhadap pangkalan militer di Irak yang juga ditempati pasukan koalisi termasuk AS, Selasa (7/1/2020) malam waktu Washington. Serangan menyasar dua pangkalan.

Berdasarkan laporan awal yang diterimanya soal korban dan kerusakan, Trump mengatakan, "Semua baik-baik saja."

Lebih lanjut dalam cuitannya dia mengatakan, "Pengecekan korban dan kerusakan sedang berlangsung saat ini. Sejauh ini, semuanya bagus."

Trump tidak tampil di stasiun televisi pada Selasa malam untuk merespons serangan terhadap militer AS. Biasanya presiden-presiden sebelumnya muncul di televisi jika negara menghadapi krisis luar negeri.

Namun, Trump mengatakan akan memberikan pernyataan pada Rabu (8/1/2020) pagi waktu Washington atau Rabu malam WIB.

"Saya akan memberikan pernyataan besok pagi," ujarnya, dikutip dari AFP.

Setidaknya sembilan roket menghantam pangkalan Ain Al Asad setelah faksi pro-Iran di Irak berjanji membalas serangan drone AS yang menewaskan komandan pasukan elite Quds, Qasem Soleimani, di Baghdad pada pekan lalu.

Pangkalan Ain Al Asad merupakan yang terbesar di Irak di mana pasukan asing menggalang kekuatan dalam koalisi untuk melawan ISIS.

Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Stasiun televisi pemerintah melaporkan Republik Islam yang meluncurkan rudal.

Pentagon sebelumnya menyatakan pangkalan-pangkalan itu kini dalam kondisi siaga tinggi.

"AS akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan personel, mitra, dan sekutu di kawasan," kata pejabat Pentagon.

Editor : Anton Suhartono