Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Positif Corona, Menhan Jalani Karantina

Anton Suhartono ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 16:29 WIB
Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Positif Corona, Menhan Jalani Karantina

Pasukan keamanan Filipina menjaga jalan di Manila setelah pemberlakuan lockdown di ibu kota tersebut (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Panglima angkatan bersenjata Filipina Felimon Santos Jr dinyatakan positif virus corona. Hasil tes pada Selasa menunjukkan sang jenderal terpapar.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan, dirinya juga harus menjalani karantina. Pasalnya, sebelum hasil tes Covid-19 diumumkan, Santos berinteraksi dengannya beberapa kali.

Menurut Lorenzana, seperti dikutip dari Philippine Daily Inquirer, Jumat(27/3/2020), mengatakan dia setidaknya berinteraksi dekat tiga kali dengan Santos, yakni pada Sabtu pekan lalu saat penyerahan alat medis di Pangkalan Udara Villamor serta di markas besar militer dan di Heroes Hall Istana Malacanang pada Senin.

Dia juga mengaku tidak mengalami gejala Covid-19 dan kondisinya baik. Meski demikian untuk mengantisipasi potensi penularan, dia menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Santos mengumumkan dirinya terpapar Covid-19 pada Selasa, sekaligus kasus pertama yang dikonfirmasi di lingkungan angkatan bersenjata Filipina.

Sebelum hasil tes menunjukkan positif Santos sudah menjalani karantina mandiri. Saat itu dia baru berinteraksi degan pejabat pemerintah yang kemudian dinyatakan positif virus corona.

Editor : Anton Suhartono