Para Dubes Arab Desak PM Liz Truss Batalkan Rencana Pemindahan Kedutaan Inggris ke Yerusalem

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 30 September 2022 - 19:51:00 WIB
Para Dubes Arab Desak PM Liz Truss Batalkan Rencana Pemindahan Kedutaan Inggris ke Yerusalem
PM Liz Truss berencana memindahkan kedubes Inggris untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id – Para duta besar dari negara-negara Arab di London mendesak Perdana Menteri Inggris, Liz Truss, agar membatalkan rencana pemindahan kedutaan besar Inggris di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hal itu terungka lewat laporan The Guardian pada Jumat (30/9/2022), dengan mengutip sebuah surat pribadi.

Inggris memang sedang mempertimbangkan untuk memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pertimbangan itu muncul setelah pertemuan bilateral antara Truss dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid pada sesi ke-77 Majelis Umum PBB di New York, beberapa waktu lalu.

Menurut surat pribadi—yang dikirim oleh para diplomat Arab—itu rencana ilegal dan tidak adil oleh Inggris tersebut dapat membahayakan pembicaraan tentang kesepakatan perdagangan bebas antara Inggris dan Dewan Kerja Sama Teluk. Menurut rencana, kesepakatan itu semestinya akan diselesaikan akhir tahun ini.

Surat yang dikirim oleh para diplomat itu dilaporkan mendapat persetujuan dari semua negara Arab.

Tak hanya dunia Arab, para sekutu Inggris di Uni Eropa juga menilai langkah pemindahan kedutaan itu tidak bijaksana. Mereka pun menganggap Truss dalam mengambil kebijakan bukan sekadar karena hubungan dekatnya dengan Israel, tetapi juga karena keinginannya untuk diperhatikan sebagai “kekuatan pengganggu”.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda