PM Inggris Beri Sinyal Pindahkan Kedubes di Israel, Palestina: Tak Bermoral!

Anton Suhartono · Sabtu, 24 September 2022 - 08:59:00 WIB
PM Inggris Beri Sinyal Pindahkan Kedubes di Israel, Palestina: Tak Bermoral!
Liz Truss (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Palestina mengecam pernyataan Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss bahwa Inggris meninjau lokasi kedutaan besarnya (kedubes) di Israel. Ini merupakan sinyal Truss akan memindahkan lokasi kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Jika terlaksana, Inggris sama saja mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ini bertentangan dengan kesepakatan sebelumnya, karena nasib Yerusalem harus diputuskan oleh Israel dan Palestina melalui meja perundingan, bukan diakui secara sepihak. Palestina juga menghendaki Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya di masa depan.

Kepala misi Palestina untuk Inggris Husam Zomlot mengecam pernyataan Truss tersebut yang disampaikan kepada PM Israel Yair Lapid di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

"Tidak bermoral, ilegal, dan tidak bertanggung jawab. Setiap pemindahan kedubes akan menjadi pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional (dan) tanggung jawab sejarah Inggris,” kata pria yang juga penasihat Presiden Mahmoud Abbas itu dalam cuitannya, seperti dilaporkan kembali RT.

Dia menambahkan, sangat disayangkan PM Inggris menggunakan penampilan pertamanya di PBB untuk berkomitmen melanggar hukum internasional. Truss bulan ini diangkat menjadi PM Inggris menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda