Para Menteri di Kuwait Mundur Massal akibat Konflik dengan Parlemen

Djairan ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 18:13:00 WIB
Para Menteri di Kuwait Mundur Massal akibat Konflik dengan Parlemen
Salah satu pemandangan di Ibu Kota Kuwait saat pandemi Covid (ilustrasi). (Foto: AFP)

KUWAIT, iNews.id – Perdana Menteri Kuwait, Sabah al-Khalid al-Sabah, menyampaikan pengunduran diri para anggota kabinetnya kepada pimpinan tertinggi negara tersebut, Emir Syekh Nawaf al-Ahmad al-Sabah, Rabu (13/1/2021) ini.

Sebelumnya, sejumlah menteri dalam kabinet pemerintahan Kuwait telah mengajukan pengunduran diri secara massal kepada PM Sabah, Selasa (12/1/2021). Langkah itu terkait dengan gesekan hubungan antara Majelis Nasional (Parlemen Kuwait) dengan pemerintah.

PM Sabah menyampaikan pengunduran diri para menteri ke Syekh Nawaf beberapa hari sebelum dirinya dijadwalkan akan diinterogasi di parlemen. Pemanggilan itu mengenai alasan pengangkatan para menteri dan masalah lainnya.

Melansir Reuters, Rabu (13/1/2021), kebuntuan antara pemerintah dan parlemen itu terjadi hanya kurang dari sebulan setelah kabinet dilantik. Ini menjadi tantangan besar pertama bagi Syekh Nawaf yang baru saja diangkat menjadi emir Kuwait dan mengambil alih kekuasaan pada September 2020.

Hal itu semakin mempersulit kinerja pemerintah, terlebih dalam mengatasi krisis ekonomi terdalam bagi negara anggota OPEC itu dalam beberapa dekade. Itu tak lain disebabkan oleh harga minyak yang rendah dan krisis akibat pandemi Covid-19.

Belum diketahui pasti, apakah Syekh Nawaf yang memiliki keputusan akhir dalam masalah kenegaraan, akan menerima pengunduran diri kabinet tersebut atau sebaliknya.

Saat ini, mosi untuk mempertanyakan kedudukan PM Sabah–yang menjadi perdana menteri sejak akhir 2019–telah diajukan oleh tiga anggota parlemen pada 5 Januari 2021. Lebih dari 30 anggota parlemen di majelis, dengan 50 kursi terpilih, mendukung pengusutan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda