Para Pemimpin ASEAN Bertemu di Jakarta Hari Ini Bahas Krisis Myanmar

Anton Suhartono · Sabtu, 24 April 2021 - 06:43:00 WIB
Para Pemimpin ASEAN Bertemu di Jakarta Hari Ini Bahas Krisis Myanmar
Para pemimpin ASEAN bertemu di Jakarta membahas krisis Myanmar (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Para pemimpin negara ASEAN, Sabtu (24/4/2021), bertemu di Jakarta untuk mencari jalan keluar guna mengakhiri krisis di Myanmar, pascakudeta militer menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Pemimpin dari Indonesia, Vietnam, Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Brunei Darussalam mengonfirmasi akan hadir, sementara Thailand dan Filipina diwakili menteri luar negeri. Pemimpin junta militer Jenderal Min Aung Hlaing juga hadir dalam pertemuan itu sekaligus menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sejak memerintah.

Pertemuan yang digelar secara langsung meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini juga menjadi upaya terkoordinasi internasional pertama untuk meredakan krisis Myanmar, negara yang merasakan diperintah oleh militer pada periode 1962-2011 dan kini berulang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan KTT ASEAN ini mencerminkan keprihatinan mendalam tentang situasi di Myanmar serta tekad dari ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari situasi yang sulit.

"Kami berharap (KTT) besok akan tercapai kesepakatan mengenai langkah-langkah terbaik bagi rakyat Myanmar," ujarnya.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan, yang juga berada di Jakarta, mengatakan para pemimpin ASEAN akan membahas kebutuhan mendesak untuk menangani kondisi serius di Myanmar.

Sementara itu para diplomat mengungkap, dalam pertemuan ini para pemimpin ASEAN akan mendesak Min Aung Hlaing untuk menahan pasukan keamanan Myanmar agar tidan melakukan kekerasan terhadap demonstran dan warga sipil.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: