Partainya Kalah di Pilkada, Presiden Korsel Copot Perdana Menteri dan Rombak Kabinet

Anton Suhartono · Jumat, 16 April 2021 - 13:58:00 WIB
Partainya Kalah di Pilkada, Presiden Korsel Copot Perdana Menteri dan Rombak Kabinet
Moon Jae In (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Presiden Korea Selatan Moon Jae In mencopot perdana menteri serta merombak anggota kabinet setelah partainya, Partai Demokrat, kalah dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Moon menunjuk Kim Boo Kyum sebagai perdana menteri baru menggantikan Chung Sye Kyun. Kim merupakan mantan menteri dalam negeri serta anggota parlemen empat periode.

Kepala staf kepresidenan You Young Min mengatakan, Perdana Menteri Kim diharapkan bisa memainkan peran kunci dalam menjembatani perselisihan politik dan mengarahkan negara dalam perang melawan pandemi Covid-19.

"Dia seorang reformis dan berdedikasi pada persatuan nasional. Dia juga memiliki pengalaman dalam menangani bencana dan krisis sosial," kata You, dikutip dari Reuters, Jumat (16/4/2021).

Moon juga menunjuk enam menteri baru di bidang pertanahan, industri, perikanan, perburuhan, serta sains dan teknologi. Keenam kandidat menteri itu sudah mendapat persetujuan dari parlemen, meski sebenarnya para legislator tidak memiliki kekuatan untuk menolak calon yang diajukan presiden.

Perombakan ini terjadi sepekan setelah partai berkuasa yang dimpimpin Moon, Partai Demokrat, mengalami kekalahan besar dalam pemilihan wali kota di tengah skandal politik dan kegagalan kebijakan ekonomi.

Kekalahan ini juga berdampak pada keberlangsungan agenda kebijakan Moon ke depan, termasuk menghentikan kenaikan harga rumah yang tak terkendali serta reformasi sistem hukum.

Terlebih lagi, Korsel akan menghadapi pemilihan presiden pada 2022 di mana Partai Demokrat seharusnya memperoleh lebih banyak dukungan, bukan justru melempem.

Editor : Anton Suhartono