Pasukan Israel Tembaki Warga Palestina di Masjid Al Aqsa, Yordania: Tindakan Barbar

Anton Suhartono ยท Minggu, 09 Mei 2021 - 21:19:00 WIB
Pasukan Israel Tembaki Warga Palestina di Masjid Al Aqsa, Yordania: Tindakan Barbar
Yordania menyebut tindakan pasukan Israel yang menembaki warga Palestina di Masjid Al Aqsa sebagai tindakan barbar (Foto: Reuters)

AMMAN, iNews.id - Pemerintah Yordania mengecam keras tindakan aparat keamanan Israel yang menembaki warga Palestina di Masjid Al Aqsa.

Yordania memiliki hak pengelolaan tempat-tempat suci umat Islam di Yerusalem, termasuk Masjid Al Aqsa.

Dalam keterangannya, pemerintah menyatakan apa yang dilakukan pasukan keamanan dan kepolisian Israel sebagai tindakan barbar serta menyerukan dunia internasional agar terus menekan Negara Yahudi tersebut.

"Apa yang dilakukan polisi dan pasukan khusus Israel, mulai pelanggaran terhadap masjid hingga serangan terhadap jemaah, merupakan (tindakan) barbar yang ditolak dan dikecam," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Minggu (9/5/2021).

Ketegangan di Yerusalem Timur meluas menjadi bentrokan antara polisi Israel dengan warga Palestina di sekitar Masjid Al Aqsa. Pada Sabtu atau malam ke-27 Ramadan, bentrokan melukai ratusan jemaah.

Bentrokan juga terhadi di lingkungan Sheikh Jarrah terkait rencana penggusuran warga Palestina.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menegaskan akan melakukan upaya terbaik untuk melindungi hak-hak warga Palestina dari klaim kepemilikan para pemukim Yahudi. Yordania kehilangan sebagian wilayah di Yerusalem dan direbut oleh Israel sejak Perang 1967.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2