Pasukan Koalisi Arab Hancurkan Kapal Bermuatan Peledak Dikendalikan Milisi Dukungan Iran

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 26 November 2020 - 22:02:00 WIB
 Pasukan Koalisi Arab Hancurkan Kapal Bermuatan Peledak Dikendalikan Milisi Dukungan Iran
Foto ilustrasi peledakan ranjau laut. (foto: ist)

RIYADH, iNews.id - Pasukan Koalisi Arab berhasil mencegat dan menghancurkan kapal bermuatan bahan peledak di Laut Merah. Kapal tersebut dikendalikan oleh milisi Houthi yang didukung Iran.

Insiden tersebut terjadi pada Rabu (25/11/2020) siang waktu setempat. Koalisi Arab penghancuran tersebut menyebabkan sebuah kapal dagang rusak ringan akibat pecahan peluru yang berasal dari serangan kelompok milisi Houthi di kapal.

"Tindakan milisi teroris Houthi dukungan Iran mengancam navigasi dan perdagangan global," isi pernyataan Koalisi Arab dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (26/11/2020).

Sebelumnya, di hari yang sama sebuah perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, mengatakan bahwa sebuah kapal tanker berbendera Malta yang dikelolan Yunani, MT Agrari, terkena ranjau laut di dekat Shuqaiq, Arab Saudi, lambung kapal rusak dalam insiden tersebut.

"Kapal mereka diserang oleh sumber yang tidak diketahui," pernyataan dari operator MT Agrari.

"Agrari mengenai ranjau laut yang terpasang sekitar 1 meter di atas permukaan air dan mengalami kerusakan. Dapat dipastikan kru selamat dan tidak ada korban luka," lanjutnya.

Koalisi Arab sempat menyapu ranjau laut sehari sebelumnya

Pada Selasa (24/11/2020), pasukan Koalisi Arab berhasil menyapu lima ranjau laut yang dipasang oleh milisi Houthi di Laut Merah.

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2