Paus Fransiskus Bikin China Gerah, Ada Apa?

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 24 November 2020 - 21:01:00 WIB
Paus Fransiskus Bikin China Gerah, Ada Apa?
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus. (Foto: AP)

Paus Fransiskus menulis tentang perlunya melihat dunia dari pinggiran dan masyarakat yang terpinggirkan; ke tempat-tempat bergumulnya dosa, kesengsaraan, pengucilan, penderitaan, penyakit, serta kesendirian.

“Saya sering memikirkan orang-orang yang teraniaya: Rohingya, Uighur yang malang, Yazidi—apa yang ISIS lakukan kepada mereka benar-benar kejam—atau orang Kristen di Mesir dan Pakistan dibunuh dengan bom yang meledak saat mereka berdoa di gereja,” tulis Paus.

Pasu Fransiskus menolak untuk menyeru China atas tindakan keras negara itu terhadap kaum minoritas, termasuk penganut Katolik. Vatikan bulan lalu memperbarui perjanjian kontroversial dengan Beijing tentang pencalonan uskup Katolik, dan Paus Fransiskus berhati-hati untuk tidak mengatakan atau melakukan apa pun yang menyinggung Pemerintah China tentang masalah itu.

China dan Vatikan tidak memiliki hubungan formal sejak Partai Komunis memutuskan hubungan dan menangkap para pemuka Katolik, beberapa saat setelah merebut kekuasaan pada 1949.

Editor : Ahmad Islamy Jamil