PBB Rilis Laporan Penyelidikan Perang Gaza, Israel Harus Segera Hentikan Pendudukan Palestina

Anton Suhartono ยท Rabu, 08 Juni 2022 - 06:50:00 WIB
PBB Rilis Laporan Penyelidikan Perang Gaza, Israel Harus Segera Hentikan Pendudukan Palestina
Komisi penyelidikan independen yang dibentuk Dewan HAM PBB merilis laporan, Israel harus melakukan lebih dari sekadar menghentikan pendudukan atas wilayah Palestina (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Komisi penyelidikan independen yang dibentuk Dewan HAM PBB terkait perang di Jalur Gaza tahun 2021 merilis laporan terbaru. Disebutkan Israel harus melakukan lebih dari sekadar mengakhiri pendudukan terhadap tanah warga Palestina.

"Mengakhiri pendudukan saja tidak akan cukup," bunyi laporan, seraya mendesak tindakan tambahan lainnya adalah memastikan warga Palestina mendapatkan perlakuan HAM yang setara, dikutip dari Reuters, Rabu (8/6/2022).

Disebutkan pula dalam laporan, Israel tidak berniat mengakhiri pendudukan, bahkan ingin menguasai secara penuh Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, yang direbut dalam Perang Timur Tengah 1967. Israel terus mencaplok tanah-tanah warga Palestina, termasuk yang kelak akan dijadikan negara merdeka suatu saat kelak.

Israel memboikot penyelidikan tersebut dan melarang petugas memasuki wilayahnya untuk bekerja.

Mengomentari laporan itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel menyebutnya bias dan sepihak.

"Ini merupakan laporan yang bias dan sepihak yang dinodai oleh kebencian terhadap Negara Israel dan berdasarkan serangkaian panjang laporan sepihak dan bias sebelumnya," bunyi pernyataan.

Amerika Serikat selaku sekutu dekat Israel juga mengecam penyelidikan itu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda