Pelaut Indonesia Kabur dari Karantina Covid-19 di Korsel dengan Cara Gali Lubang

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:33:00 WIB
Pelaut Indonesia Kabur dari Karantina Covid-19 di Korsel dengan Cara Gali Lubang
Korea Selatan tengah mengintensifkan penanganan Covid-19 setelah mengalami gelombang dua wabah virus tersebut. (foto: SCMP)

SEOUL, iNews.id - Seorang pelaut asal Indonesia melarikan diri dari tempat karantina di Seoul, Korea Selatan, dengan cara menggali lubang pada Rabu (7/10/2020) waktu setempat.

South China Morning Post (SCMP) melaporkan pria tersebut kabur dari kamar sehari sebelum masa karantina selama 14 hari berakhir. Pemerintah Korea Selatan memastikan pria tersebut tidak menunjukkan gejala Covid-19 sebelum kabur dengan cara menggali lubang di tembok.

"Pelaut itu sudah menjalani tes virus corona dan hasilnya negatif. Dia tidak menunjukkan gejala selama masa isolasi," ujar Kementerian Kesehatan Korea Selatan, Son Young-rae.

Pria Indonesia itu masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan visa kru kapal laut, dia diketahui berencana tinggal secara ilegal. Sebelumnya, warga negara Vietnam juga pernah berusaha tinggal di Korsel dengan menggunakan visa kunjungan. 

Pemerintah Korea Selatan mengetatkan aturan bagi pendatang, langkah ini sebagai upaya mencegah masuknya pembawa Covid-19 dari luar negeri.

Setiap orang yang tiba di wilayah Korea Selatan dari luar negeri diharuskan menjalani karantina selama 14 hari di fasilitas yang disediakan pemerintah.

Indonesia menjadi negara di Asia dengan jumlah infeksi Covid-19 tertinggi, sampai Rabu (7/8/2020) terdapat lebih dari 300.000 kasus infeksi Covid-19 di Indonesia dengan jumlah kematian mencapai 11.472.

Sedangkan Korea Selatan sempat menghadapi gelombang kedua wabah Covid-19 pada Agustus-September. Di negara semenanjung itu terdapat lebih dari 24.000 kasus Covid-19 dan 425 kasus kematian.

Editor : Arif Budiwinarto