Pemakaman Pangeran Philip Tak Digelar secara Kenegaraan akibat Pandemi Covid

Anton Suhartono ยท Jumat, 09 April 2021 - 21:26:00 WIB
Pemakaman Pangeran Philip Tak Digelar secara Kenegaraan akibat Pandemi Covid
Pemakaman Pangeran Philip tak akan digelar secara kenegaraan akibat pandemi Covid-19 (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Inggris tak akan menggelar upacara pemakaman kenegaraan bagi mendiang Pangeran Philip serta tak memberikan kesempatan bagi warga untuk melayat langsung.

College of Arms menyatakan, keputusan untuk tidak menggelar pemakaman kenegaraan terpaksa diambil terkait pandemi Covid-19. Pangeran Philip akan dimakamkan secara kerajaan. 

"Pemakaman bukan pemakaman kenegaraan serta tidak akan didahului dengan persemayaman kenegaraan. Jenazah Yang Mulia akan disemayamkan di Kastil Windsor sampai menjelang pemakaman di Kapel St George. Ini sesuai dengan kebiasaan serta keinginan dari Yang Mulia," demikian pernyataan College of Arms, dikutip dari Reuters, Jumat (9/4/2021).

Dilanjutkan, proses pemakaman disesuaikan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang sedang menjadi perhatian di Inggris.

"Dengan menyesal anggota masyarakat diminta agar tidak berusaha menghadiri atau berpartisipasi dalam acara apa pun dalam pemakaman."

Duke of Edinburgh meninggal dunia di usia 99 tahun, Jumat (9/4/2021). Istana Buckingham mengumumkan, Pangeran Philip meninggal di Kastil Windsor, tempat dia dan Ratu Elizabeth menghabiskan waktu selama pandemi Covid-19.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2