Pemberontak Bakar Desa, 52 Warga Sipil Tewas 

Umaya Khusniah · Selasa, 10 Mei 2022 - 09:27:00 WIB
Pemberontak Bakar Desa, 52 Warga Sipil Tewas 
Puluhan warga desa tewas dibunuh pemberontak di Provinsi Ituri di Kongo timur. (Foto: AP Photo)

KINSHASA, iNews.id - Puluhan warga desa tewas dibunuh pemberontak di Provinsi Ituri di Kongo timur. Selain korban tewas, sebanyak 100 warga sipil dilaporkan hilang. 

Wali Kota Mongwalu, yang berjarak 7 kilometer dari lokasi, Jean-Pierre Bikilisende mengatakan, kelompok pejuang yang dikenal sebagai CODECO menyerang Kota Kablangete, Minggu (8/5/2022). Jumlah korban tewas mencapai 52 orang. 

Kementerian Komunikasi Kongo mengutuk pembunuhan itu sebagai tindakan biadab dan pengecut yang dilakukan teroris CODECO terhadap penduduk yang tidak bersalah. dalam sebuah pernyataan. Pemerintah mengatakan pihaknya bertekad untuk memulihkan perdamaian di wilayah tersebut.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric di New York mengatakan, sedikitnya 38 warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas di lokasi pertambangan Blakete-Plitu. Banyak warga sipil mengungsi dan dilaporkan hilang ketika para penyerang membakar Desa Malika dekat tambang. Penyerang juga dilaporkan memperkosa enam wanita.

Dia menambahkan, misi penjaga perdamaian PBB di Kongo mengevakuasi warga sipil yang terluka parah pada Senin (9/5/2022) ke fasilitas medis di Bunia, Provinsi Ituri

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres meminta pihak berwenang Kongo untuk menyelidiki insiden tersebut dan menyeret pelaku ke pengadilan. Pemerintah Kongo juga diminta memastikan akses langsung misi penjaga perdamaian ke daerah itu untuk memfasilitasi upaya melindungi warga sipil.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda