Pembunuh Berantai di Thailand yang Sempat Bebas karena Berkelakuan Baik Ditangkap Lagi

Anton Suhartono ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 12:48 WIB
Pembunuh Berantai di Thailand yang Sempat Bebas karena Berkelakuan Baik Ditangkap Lagi

Somkid Pumpuang (Foto: AFP)

BANGKOK, iNews.id - Kepolisian Thailand, Rabu (18/12/2019), menangkap kembali mantan narapidana kasus pembunuhan berantai yang sempat dibebaskan karena berkelakuan baik.

Pria bernama Somkid Pumpuang itu divonis hukuman penjara seumur hidup pada 2005 karena membunuh lima perempuan terkait hubungan seksual dan hiburan malam. Karena kasus ini Somkid dijuluki sebagai Jack the Ripper-nya Thailand.

Namun hukuman Somkid diubah karena berkelakuan baik selama di penjara dan dibebaskan pada Mei 2019.

Hanya bertahan 7 bulan, pria 51 tahun itu kembali dijerat dengan tuduhan pembunuhan, korbannya merupakan pelayan sebuah hotel. Polisi pun memburu Somkid dan merilis foto tersangka di akun Facebook serta menawarkan 50.000 baht bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi.

Foto yang beredar di dunia maya menunjukkan, petugas kepolisian menahan seorang pria yang sedang naik kereta di Provinsi Nakhon Ratchasima.

"Somkid Pumpuang telah ditangkap berkat informasi dari masyarakat," kata pejabat kepolisian Khon Kaen, Puttipong Musikul, dikutip dari AFP.

Media setempat mengungkap, penumpang kereta mengenali Somkid meski menggunakan topi dan masker, lalu mengirim fotonya ke polisi.

Otoritas lembaga pemasyarakatan sedang mengevaluasi kembali pengurangan hukuman bagi napi. Namun di sisi lain mereka menghadapi kendala yakni penjara saat ini menampung tiga kali lipat narapidana dari kapasitas normal yakni sebanyak 370.000 orang.

Kepadatan tetap menjadi masalah serius di penjara Thailand, salah satu negara dengan populasi penjara terbesar di dunia. Hampir 80 persen napi di Thailand dihukum karena kasus narkoba.

Editor : Anton Suhartono