Pemimpin Gerakan Protes Antipemerintah Thailand Positif Covid usai Bebas dari Penjara

Umaya Khusniah ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 18:40:00 WIB
Pemimpin Gerakan Protes Antipemerintah Thailand Positif Covid usai Bebas dari Penjara
Panusaya "Rung" Sithijirawattanakul. (Foto: Ist)

BANGKOK, iNews.id - Salah satu pemimpin gerakan protes anti-pemerintah Thailand, Panusaya "Rung" Sithijirawattanakul, dinyatakan positif Covid. Sebelumnya dia ditahan selama delapan minggu di penjara sambil menunggu persidangan. 

Panusaya ditahan dengan tuduhan menghina raja yang kuat di negara itu. Dia lantas dibebaskan dengan jaminan minggu lalu dari penahanan pra-persidangan.

Melalui akun Twitter-nya pada hari Rabu (12/5/2021), dia menggatakan saat ini sedang dirawat di rumah sakit setelah dinyatakan positif Covid. 

Dikutip dari Reuters, Panusaya mengatakan dia tidak memiliki gejala dan dinyatakan negatif saat di penjara pada 22 April. Setelah dibebaskan, dia tinggal di rumah selama tiga hari sebelum dites.

Dua tahanan lainnya dari gerakan protes, termasuk pengacara hak asasi manusia Arnon Nampa dan Chukiat "Justin" Saengowng, juga dinyatakan positif Covid-19. Mereka juga dituduh menghina monarki.

Departemen terkait mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka menemukan 2.835 infeksi Covid-19 di dua fasilitas penahanan tempat para pemimpin protes ditahan. Total ada 17.000 tes, yang mencakup semua narapidana dan staf.

Thailand melaporkan rekor harian baru 34 kematian akibat virus korona pada hari Rabu, yang disebabkan oleh gelombang ketiga infeksi sejak awal April.

Kasus penjara tidak termasuk dalam penghitungan harian negara itu, yang mengutip 1.983 infeksi baru pada hari Rabu. Thailand telah melaporkan 88.907 kasus dan 468 kematian secara keseluruhan.

Editor : Umaya Khusniah