Pemimpin Junta Myanmar Min Aung Hlaing Akan Hadiri Pertemuan ASEAN di Jakarta

Anton Suhartono ยท Minggu, 18 April 2021 - 08:49:00 WIB
Pemimpin Junta Myanmar Min Aung Hlaing Akan Hadiri Pertemuan ASEAN di Jakarta
Min Aung Hlaing (Screengrab: MRTV via Reuters)

BANGKOK, iNews.id - Pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing akan menghadiri KTT ASEAN di Jakarta yang digelar pada 24 April mendatang.

Informasi hadirnya Min Aung Hlaing disampaikan Kementerian Luar Negeri Thailand, Sabtu (17/4/2021).

Juru Bicara Kemlu Thailand Tanee Sangrat mengatakan, beberapa pemimpin dari 10 negara anggota ASEAN, termasuk Min Aung Hlaing, memastikan kehadiran mereka di Jakarta. Pertemuan itu khusus membahas krisis Myanmar.

Sementara itu juru bicara pemerintah junta enggan memberikan komentar soal kehadiran Min Aung Hlaing.

Ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Min Aung Hlaing sejak merebut kekuasaan dari pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Myanmar mengalami pergolakan sejak kudeta menggulingkan pemerintahan sipil. Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) menyebutkan sejauh ini 728 warga sipil tewas akibat kekerasan pasukan keamanan Myanmar.

Dalam bentrokan terakhir pada Sabtu, pasukan keamanan menembak mati dua demonstran di Kota Mogok. Selain itu beberapa ledakan kecil terjadi di Kota Yangon, melukai beberapa orang.

Sebelumnya para anggota parlemen yang digulingkan, aktivis demokrasi, serta kelompok etnis yang bersengketa dengan militer, mengumumkan pembentukan Pemerintah Persatuan Nasional (NUG).

NUG meminta pengakuan internasional sebagai otoritas pemerintahan sah dan telah meminta ASEAN untuk mengundangnya dalam pertemuan di Jakarta, bukan Min Aung Hlaing. 

Editor : Anton Suhartono