Pemimpin Kudeta Myanmar Berulang Tahun, Rakyat Malah Doakan Kematian

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 03 Juli 2021 - 14:23:00 WIB
Pemimpin Kudeta Myanmar Berulang Tahun, Rakyat Malah Doakan Kematian
Pemimpin kudeta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing. (Foto: Reuters)

YANGON, iNews.id – Pemimpin kudeta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, berulang tahun hari ini. Namun, hari kelahirannya itu diwarnai dengan aksi protes dari rakyat yang menentang kesewenang-wenangannya.

Para pengunjuk rasa membakar peti mati tiruan dan gambar Min Aung Hlaing pada Sabtu (3/7/2021). Tak hanya itu, mereka juga membawa sejumlah alat peraga bertuliskan pesan dan doa kematian bagi penguasa militer Myanmar itu.

“Semoga kau tidak beristirahat dengan tenang!” begitu bunyi tulisan di salah satu karangan bunga pemakaman yang dibawa para pendemo di Kota Theinzayet, Negara Bagian Mon, yang terletak di wilayah timur Myanmar.

“Semoga hari ulang tahun dan hari kematianmu sama!” bunyi tulisan lainnya.

Protes serupa terjadi di banyak bagian Myanmar.

“Kami membakar (peti mati dan gambar Min Aung Hlaing) ini sebagai kutukan,” kata seorang pengunjuk rasa di Kota Mandalay. 

Saat ditanya tentang aksi massa tersebut, juru bicara militer Myanmar tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Min Aung Hlaing, jenderal yang hari ini genap berumur 65 tahun, merebut kekuasaan di Myanmar pada 1 Februari lalu. Dia menggulingkan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi dan membawa negara Asia Tenggara itu ke dalam keterpurukan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: