Pendiri Alibaba Jack Ma Perkenalkan Budaya Kerja '996', Apa Itu?

Anton Suhartono ยท Jumat, 12 April 2019 - 17:22 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma Perkenalkan Budaya Kerja '996', Apa Itu?

Jack Ma (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Pendiri situs belanja online Alibaba, Jack Ma, mengungkap rahasia mengapa perusahaannya bisa bertahan, bahkan menjadi besar sampai saat ini.

Untuk bisa bertahan di Alibaba Group Holding Ltd, kata Ma, karyawan harus bekerja 12 jam sehari dan 6 hari sepekan.

Sebagaimana dirilis dalam akun Weibo Alibaba yang dilaporkan kembali Bloomberg, Jumat (12/4/2019), Ma menegaskan perusahaannya tidak membutuhkan karyawan dengan pola kerja 8 jam.

Sebagai gantinya, dia memperkenalkan 'budaya 996', yaitu masuk kerja jam 9 pagi, pulang jam 9 malam, dan bekerja 6 hari sepekan.

"Bisa bekerja 996 merupakan kebahagiaan yang besar. Jika Anda ingin bergabung dengan Alibaba, Anda harus siap bekerja 12 jam sehari. Kalau tidak, mengapa repot-repot bergabung dengan Alibaba," kata pria paling berduit di China itu.

Pernyataan Ma itu pun direspons dengan reaksi keras. Pasalnya, industri berbasis teknologi China diwarnai dengan kisah para programmer dan pendiri start-up yang meninggal karena jam kerja panjang dan tekanan pekerjaan.

"Banyak omong kosong, dan bahkan tidak menyebutkan apakah perusahaan memberikan kompensasi lembur untuk jadwal 996," tulis warganet di posting-an Alibaba itu.

"Saya harap orang-orang lebih berpegang pada hukum, dan tidak berdasarkan argumen masing-masing."

"Para bos melakukan 996 karena mereka bekerja untuk diri sendiri dan kekayaan mereka bisa tumbuh. Kami bekerja 996 karena dieksploitasi tanpa kompensasi lembur," kata netizen lain


Editor : Anton Suhartono