Pemilu Turki 2023

Pendukung Erdogan Sentil Oposisi: Mereka Tak Bisa Usung Capres Tanpa Restu Joe Biden!

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 12 September 2022 - 22:05:00 WIB
Pendukung Erdogan Sentil Oposisi: Mereka Tak Bisa Usung Capres Tanpa Restu Joe Biden!
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengutarakan niatnya untuk mencalonkan diri kembali di Pemilu Turki 2023. (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.idPemilu Turki 2023 tinggal hitungan bulan saja. Namun, kelompok oposisi di negara itu sampai sekarang belum juga mengumumkan capres alias kandidat presiden yang bakal mereka usung.

Sementara itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan selaku petahana telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri kembali di pemilu tahun depan.

Pemimpin Partai Gerakan Nasionalis Turki (MHP) sekaligus pendukung terbuka Erdogan, Devlet Bahceli mengatakan, kelompok oposisi belum dapat mengumumkan capresnya karena belum mendapat restu dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Mereka (oposisi) tidak bisa mengatakan ‘Ini adalah kandidat kami!’ tanpa persetujuan Biden. Mereka tidak dapat mencalonkan seorang kandidat tanpa mencium tangan dan kaki musuh-musuh Turki,” ujar Bahceli, Senin (12/9/2022), seperti dikutip kantor berita Aksam

“Namun, keputusan kami jelas. Recep Tayyip Erdogan, seorang pria berkemauan keras dan seorang tokoh bangsa, harus dipilih kembali,” ujarnya. 

Menurut jadwal, Pemilihan Umum Turki 2023 akan diadakan pada 18 Juni mendatang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda