Pengakuan Pembuat Video Perempuan Telanjang di Piramida Mesir

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Desember 2018 - 05:16 WIB
Pengakuan Pembuat Video Perempuan Telanjang di Piramida Mesir

Cuplikan video Andreas Hvid di Piramida Besar Giza (YiuTube)

KAIRO, iNews.id - Video fotrografer asal Denmark Andreas Hvid dengan teman perempuannya mendaki Piramida Besar Giza memicu amarah publik Mesir. Apalagi di akhir tayangan, sang perempuan yang disembunyikan identitasnya berpose membuka pakaian hingga topless.

Sejak diunggah pada 8 Desember di YouTube, video tersebut sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Hvid pun dihujat di media sosial.

Baca Juga: Heboh, Perempuan Terekam Telanjang Dada di Puncak Piramida Mesir

"Peradaban berusia 7.000 tahun berubah menjadi seprei," kata warganet Mesir, di Twitter.

Warganet lain mengatakan, "Mereka ingin mengotori martabat dan kebanggan orang Mesir karena piramida mencerminkan kemuliaan dan keagungan orang Mesir."

Menjawab hujatan itu, Hvid menjelaskan dia punya keinginan sejak lama untuk mendaki Piramida Besar, termasuk mengambil foto telanjang.

"Saya sedih begitu banyak orang yang marah, tapi saya juga menerima banyak respons positif dari banyak orang Mesir," katanya, dalam wawancara dengan surat kabar Denmark, Ekstra Bladet, seperti dilaporkan kembali AFP, Rabu (12/12/2018).

Dia mengaku sama sekali tidak ingin menciptakan kekisruhan dalam insiden ini, seperti orang-orang yang membuat kartun Nabi Muhammad lalu dipublikasikan di koran.

Hvid menegaskan, perempuan dalam video itu bukan kekasihnya.

"Itu hanya sebuah pose. Kami tidak memiliki hubungan yang intim," kata Hvid.

Piramida yang didaki Hvid juga dikenal dengan Khufu. Piramida itu merupakan yang terbesar di Giza dengan tinggi 146 meter.

Mendaki piramida saja sudah merupakan pelanggaran, apalagi berpose asusila dengan bertelanjang dada.

Pada 2016, seorang turis Jerman dilarang masuk ke Mesir seumur hidup setelah memposting foto di media sosial saat dia mendaki salah satu bangunan tua.


Editor : Anton Suhartono