Pengemis Tinggal Sebatang Kara Meninggal, Harta yang Ditinggalkannya Mengejutkan

Anton Suhartono ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 06:02 WIB
Pengemis Tinggal Sebatang Kara Meninggal, Harta yang Ditinggalkannya Mengejutkan

Petugas mengamankan harta milik Birju sampai ada kerabat yang mengklaimnya (Foto: Hindustan Times)

MUMBAI, iNews.id - Birju Chandra Azad mungkin termasuk pengemis terkaya di India. Betapa tidak, polisi menemukan harta dalam jumlah cukup mengejutkan untuk ukuran seorang peminta-minta.

Di rekening tabungan Birju tercatat uang sebesar 877.000 rupee atau sekitar Rp174 juta, belum termasuk uang tunai.

Di rumahnya petugas juga mendapati koin dari hasil mengemis yang jumlahnya mencapai 150.000 rupee. Polisi membutuhkan waktu hampir 8 jam untuk menghitung semua koin. Dengan demikian total hartanya mencapai lebih dari 1,2 juta rupee atau Rp240 juta, seperti dilaporkan NDTV.

Polisi mendatangi rumah Birju yang hanya satu ruangan di Govandi, Mumbai, setelah dia meninggal akibat tertabrak kereta api belum lama ini. Birju ditemukan tak bernyawa di pinggir rel setelah masuk jalur kereta api antara stasiun Govandi dan Mankhurd.

Mulanya, petugas ingin mencari kerabat untuk memberitahukan kabar duka ini. Namun ternyata dia tinggal sebatang kara dan tidak ada satu pun kerabat yang bisa dihubungi. Kamar tempat tinggalnya tampak kotor dengan koran dan plastik berserakan.

Setelah ini, polisi akan menghubungi bank untuk memastikan tabungan Birju tetap aman. Sementara itu, koin-koin yang didapat dari hasil mengemis diamankan polisi.

Uang itu akan disimpan sampai berapa waktu ke depan sampai polisi memastikan ada kerabat Birju yang lebih berhak untuk mengambilnya.

Editor : Anton Suhartono