Penghormatan Terakhir Angkatan Laut AS untuk George HW Bush

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 14:15:00 WIB
Penghormatan Terakhir Angkatan Laut AS untuk George HW Bush
Angkatan Laut AS bersiap untuk berangkat dari NAS Oceana untuk berpartisipasi dalam flyover peringatan untuk Presiden George HW Bush dengan F/A-18F Super Hornet . (Foto: US Navy)

WASHINGTON, iNews.id - Sebanyak 21 pesawat jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) akan melakukan flyover dalam formasi "manusia hilang" atau Missing Man terbesar pada Kamis (6/12/2018) waktu setempat.

Aksi puluhan pesawat tempur itu khusus untuk menghormati mantan Presiden George HW Bush yang meninggal Jumat (30/11/2018).

Flyover jet-jet tempur itu akan berlangsung di Bush Presidential Library di College Station, Texas, tempat mendiang mantan presiden akan dimakamkan dalam upacara pribadi.

Juru bicara Angkatan Laut Atlantik, David Hecht, mengonfirmasi rencana manuver puluhan pesawat tempur itu kepada ABC News.

Formasi The Missing Man merupakan penghormatan udara yang dilakukan untuk pemakaman dan acara peringatan. Sebanyak 21 jet tempur yang akan melakukan formasi adalah F-18 Hornet dan Super Hornet.

Bush baru berusia 18 tahun saat bergabung dengan Angkatan Laut AS atau beberapa bulan setelah serangan terhadap Pearl Harbor. Dia tercatat sebagai salah satu penerbang angkatan laut termuda.

Pesawatnya ditembak jatuh pada 1944 selama operasi untuk menyerang instalasi Jepang di Pasifik. Namun, dia menyelesaikan 58 misi tempur selama karier militernya dan menerima Distinguished Flying Cross, di antara medali-medali lainnya.

"Dipilih untuk berpartisipasi dalam peringatan ini adalah salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diterima oleh Naval Aviator," kata komandan Angkatan Laut Atlantik, Roy Kelley.

"Selain menjadi presiden kita, (Bush) juga salah satu saudara kita, misi penerbangan tempur dari kapal induk selama Perang Dunia II. Pelayanannya kepada Angkatan Laut dan bangsa kami layak mendapat penghargaan sebesar ini," ujarnya.

Flyover 21 jet tempur AS ini akan dipimpin oleh Kapten Angkatan Laut Kevin McLaughlin, komodor dari Strike Fighter Wing Atlantic.

Editor : Nathania Riris Michico