Penguasa Dubai Resmikan Perpustakaan Bernilai Rp4 Triliun, Koleksi Literaturnya Masya Allah....

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 13:55:00 WIB
Penguasa Dubai Resmikan Perpustakaan Bernilai Rp4 Triliun, Koleksi Literaturnya Masya Allah....
Penguasa Dubai, Syekh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, saat meresmikan peluncuran perpustakaan baru bernilai Rp4 triliun di Dubai, Senin (13/6/2022). (Foto: Ist.)

DUBAI, iNews.id – Penguasa Dubai, Syekh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, meresmikan perpustakaan besar baru yang berbentuk seperti rak buku. Biaya pembangunannya mencapai 1 miliar dirham Emirat (Rp4 triliun).

Kantor berita WAM melaporkan, Perpustakaan Mohammed bin Rashid berlantai tujuh yang baru itu diharapkan dapat menjadi suar budaya baru di Dubai, Uni Emirat Arab. Di samping itu, keberadaan fasilitas megah itu juga bertujuan untuk memupuk budaya membaca di kalangan masyarakat.

“Hari ini, kami meluncurkan bangunan budaya dan intelektual untuk generasi baru kami, di mana kami ingin mempromosikan budaya membaca, menyebarkan pengetahuan, serta mendukung para peneliti dan ilmuwan. Tujuan kami adalah untuk menerangi pikiran manusia,” ungkap Syekh Mohammed saat mengunjungi perpustakaan itu, Senin (13/6/2022).

Perpustakaan itu menampilkan lebih dari 1,1 juta koleksi buku cetak dan digital dalam Bahasa Arab dan bahasa asing. Selain itu, perpustakaan tersebut juga menyimpan lebih dari 6 juta disertasi, 73.000 lembar kertas musik, 75.000 video, sekitar 13.000 artikel, serta lebih dari 5.000 jurnal cetak dan digital bersejarah dalam arsip yang meliputi 325 tahun. 

Perpustakaan Mohammed bin Rashid juga memiliki sekitar 35.000 surat kabar cetak dan digital dari seluruh dunia, serta hampir 500 koleksi langka. Menurut jadwal, perpustakaan itu resmi dibuka untuk umum pada Kamis (16/6/2022) lusa. 

“Ekonomi membutuhkan pengetahuan, politik membutuhkan kebijaksanaan, bangsa-bangsa perlu belajar (dari sejarah), dan semua itu dapat ditemukan dalam buku,” kata Syekh Mohammed. 

“Melalui perpustakaan ini, kami telah mengumpulkan jutaan buku untuk mengembangkan jalan kami, mengonsolidasikan identitas, budaya dan akar kami, dan menciptakan masa depan kami,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda