Penjara Afghanistan Diserang Kelompok Bersenjata, Taliban: Itu Bukan Kami

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 23:44 WIB
Penjara Afghanistan Diserang Kelompok Bersenjata, Taliban: Itu Bukan Kami

Ilustrasi penjara. (Foto: Ist.)

KABUL, iNews.id – Kelompok bersenjata menyerbu sebuah penjara di Afghanistan Timur, Minggu (2/8/2020). Peristiwa itu merusak ketenangan yang baru saja dinikmati warga negeri itu setelah Taliban mengumumkan gencatan senjata di seluruh negeri karena momen Idul Adha.

Juru Bicara Gubernur Provinsi Nangarhar, Attaullah Khogyani mengatakan, orang-orang bersenjata itu pertama-tama meledakkan mobil berisi bahan peledak di dekat penjara. Selanjutnya, mereka menembaki penjaga keamanan di fasilitas tahanan di Kota Jalalabad tersebut.

Taliban membantah terlibat dalam serangan itu. “Ini bukan serangan dari kami. Mujahidin kami belum diizinkan melakukan serangan,” ujar Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada AFP.

Sebelumnya, kelompok milisi itu mengumumkan gencatan senjata dengan Pemerintah Afghanistan untuk menghormati liburan Idul Adha. Keputusan itu menandai gencatan senjata kedua kalinya dalam kurun 70 hari di negeri itu.

Tawaran tersebut muncul setelah Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, menyatakan pembicaraan damai dengan Taliban dapat dimulai dalam waktu seminggu.

“Semua mujahidin (tentara Taliban) diperintahkan untuk menahan diri dari melakukan operasi terhadap musuh selama tiga hari tiga malam Idul Adha,” ungkap Zabihullah dalam sebuah pernyataan dikutip AFP, Selasa (28/7/2020) lalu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil