Penumpang Pesawat Paksa Masuk Kokpit dan Aniaya Pramugari saat Penerbangan

Anton Suhartono ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 06:11 WIB
Penumpang Pesawat Paksa Masuk Kokpit dan Aniaya Pramugari saat Penerbangan

Penumpang United Airlines berusaha masuk kokpit dan menganiaya pramugari (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Seorang penumpang pesawat United Airlines yang mencoba masuk kokpit saat penerbangan dari Washington DC ke Newark, Amerika Serikat, pada Kamis pekan lalu didakwa dengan pasal penyerangan dan kejahatan penerbangan.

Perbuatan Matthew Dingley (28) mengganggu penerbangan United Airlines dan membuat semua penumpang dan kru waswas, meskipun pilot memutuskan tetap melanjutkan sampai tujuan, tidak melakukan pendaratan darurat.

Dia menggedor-gedor pintu kokpit, menyerang pramugari, lalu berkelahi dengan petugas bandara Newark. Akibatnya enam petugas maskapai dan bandara luka, seorang di antaranya mengalami patah tulang rusak.

Dingley ditangkap dan ditahan di hari yang sama.

Seorang penumpang, Mike Egbert, mengatakan kepada NBC, Dingley berlari kencang di arah kokpit dan mulai menggedor pintu.

Saat dihentikan oleh pramugari, Dingley melawan dan memukulnya.

Insiden ini berhasil diredam, lanjut Egbert, setelah penumpang turun tangan untuk membantu petugas. Situasi di pesawat terbang pun terkendali.

Namun, kata Egbert, insiden belum berakhir. Dingley mendorong pramugari dan petugas keamanan bandara saat menuruni tangga di bandara sehingga mereka mengalami luka serius.

Egbert tak bisa membayangkan apa yang terjadi jika Dingley bisa masuk kokpit saat penerbangan.

"Jika dia benar-benar masuk kokpit, Tuhan lebih tahu apa yang akan terjadi," tuturnya, dikutip dari Associated Press, Senin (13/1/2020).

Dingley didakwa dengan penyerangan, pelanggaran pidana, melawan dalam penangkapan, dan mengganggu perjalanan transportasi. Sejauh ini belum diketahui apa motif warga New York itu mengganggu penerbangan.

Dia ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Essex.

Editor : Anton Suhartono