Perang Antarsuku Pecah Bulan Ini, 145 Orang Tewas

Umaya Khusniah · Rabu, 15 Juni 2022 - 18:04:00 WIB
Perang Antarsuku Pecah Bulan Ini, 145 Orang Tewas
Tentara Sudan. (Foto: Reuters)

KHARTOUM, iNews.id - Perang antarsuku antara dua provinsi di Sudan pecah dan menewaskan 145 orang bulan ini. Sementara korban luka mencapai 180 orang. 

Data ini disampaikan PBB pada Selasa (14/6/2022). Kekerasan yang terjadi di Provinsi Darfur Barat dan Kordofan Selatan menjadi yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir. 

Menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, OCHA, serangan kekerasan terbaru meletus di Kota Kulbus, Darfur Barat,  pekan lalu. Kekerasan dipicu atas sengketa tanah antara suku-suku Arab dan Afrika. Milisi Arab lokal kemudian menyerang beberapa desa di daerah itu.

"Sebanyak 126 orang tewas. Sebanyak 101 dari Suku Gimir dan 25 dari Suku Rizeigat Arab. Lebih dari 130 lainnya, sebagian besar dari suku non-Arab, terluka dalam bentrokan selama seminggu," kata OCHA dalam pernyataannya.

OCHA menambahkan, sedikitnya 25 desa di daerah Kulbus diserang, dijarah dan dibakar. Sekitar 50.000 orang terpaksa meninggalkan rumah di Darfur Barat dan Darfur Utara tempat bentrokan menyebar.

Sementara di Kordofan Selatan, setidaknya 19 orang dilaporkan tewas. Sebanyak 54 lainnya terluka dalam bentrokan suku yang terpisah awal bulan ini.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda