Perbandingan Militer Indonesia dan Australia, Lebih Kuat Mana?

Tika Vidya Utami · Kamis, 17 November 2022 - 14:08:00 WIB
Perbandingan Militer Indonesia dan Australia, Lebih Kuat Mana?
Jet tempur Rafale buatan Prancis akan memperkuat pertahanan Indonesia (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia sedang giat memperkuat militer dengan menambah alat utama sistem pertahanan (alutsista). Tentu saja tujuannya untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan nasional.

Beberapa alutsista yang akan memperkuat pertahanan Tanah Air adalah jet tempur Rafale dan kapal selam buatan Prancis serta jet tempur F-15 dari Amerika Serikat.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga sudah dan akan menambah kapal perang lagi.

Berbicara tentang kekuatan militer, tentu tidak lepas dari bagaimana kemampuan negara tetangga. Negara tetangga kerap menjadi pembanding, sekuat apa kemampuan militer suatu bangsa.

Salah satu tetangga Indonesia yang juga sedang giat memperkuat pertahanannya adalah Australia. Bahkan Negeri Kanguru membentuk aliansi AUKUS bersama Amerika Serikat dan Inggris guna memperkuat kemampuan militer di tengah meningkatnya pengaruh dan ancaman China di Indo-Pasifik.

Di antara keuntungan yang didapat Australia dari aliansi tersebut adalah mendapat transfer teknologi untuk membuat kapal selam nuklir secara mandiri.

Melansir data Globalfire Power tahun 2022, kekuatan militer Australia menempati peringkat ke-17 dari total 142 negara. Australia mempunyai skor indeks kekuatan 0,2377. Peringkat Indonesia sedikit di atas Australia yang menempati urutan ke-15 dengan skor indeks 0,2251.

Australia mempunyai total personel militer mencapai 79.000 orang, dengan perincian personel aktif 59.000 dan tentara cadangan 20.000 orang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda