Percobaan Kudeta di Sudan Digagalkan, Sejumlah Perwira Militer Ditangkap

Anton Suhartono · Selasa, 21 September 2021 - 14:44:00 WIB
Percobaan Kudeta di Sudan Digagalkan, Sejumlah Perwira Militer Ditangkap
Upaya kudeta oleh sekelompok tentara Sudan berhasil digagalkan (Foto: Reuters)

KHARTOUM, iNews.id - Upaya kudeta di Sudan Selasa (21/9/2021) berhasil digagalkan. Sekelompok tentara mencoba menggulingkan pemerintahan transisi yang dipimpin sipil dan militer namun upaya itu digagalkan.

Militer tetap memegang kendali dan menyatakan situasi relatif kondusif.

Stasiun televisi pemerintah meminta publik untuk melawan segala upaya menggulingkan pemerintah namun tak menjelaskan secara rinci.

“Semua terkendali. Revolusi menang,” kata Mohammed Al Fiky Suliman, anggota dewan sipil-militer yang berkuasa, di akun Facebook, seraya meminta rakyat untuk mengawal transisi, dikutip dari Associated Press.

Seorang pejabat militer yang meminta namanya tak dipublikasikan mengatakan, sejumlah tentara dari korps lapis baja berada di balik percobaan kudeta. Mereka berusaha mengambil alih beberapa kantor lembaga pemerintah namun berhasil digagalkan.

Dia menambahkan, banyak tentara, termasuk perwira tinggi, ditangkap namun tidak memberikan penjelasan rinci  mengenai identitas mereka. Militer segera merilis pernyataan.

Perpolitikan Sudan dalam kondisi rapuh sejak penggulingan Omar Al Bashir pada April 2019. Al Bashir digulingkan setelah demonstrasi besar selama 4 bulan. Sudan kini dikendalikan pemerintahan bersama sipil dan militer.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: