Perempuan Ini Bertemu Lagi dengan Orangtuanya Setelah Diculik 30 Tahun Lalu

Anton Suhartono ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 17:20 WIB
Perempuan Ini Bertemu Lagi dengan Orangtuanya Setelah Diculik 30 Tahun Lalu

Ting Ting (kanan) bertemu dengan ibunya Chen Meilian (Foto: AsiaWire)

BEIJING, iNews.id - Semua akan indah pada akhirnya, begitu istilah populer yang memotivasi setiap orang untuk tidak patah semangat mendapat apa yang diinginkan.

Perjuangan orangtua di Kota Yingtan, Dengbu, China, Jin Guosheng dan Chen Meilian, mencari putri mereka, Jin Ting atau Ting Ting, yang hilang 30 tahun lalu membuahkan hasil.

Ting diculik pada 28 Agustus 1986 saat keluar rumah membeli buah untuk ibunya.

Guosheng dan Meilian sudah menghabiskan waktu puluhan tahun sampai mendatangi hampir semua kota besar di China, namun tak membuahkan hasil.

"Saya dan istri sudah pergi ke manapun, berpergian ke banyak kota besar," kata Guosheng.

Pada Maret 2018, organisasi yang mempertemukan orang hilang, Baobei Huija, mengetahui penderitaan orangtua dan membantu mereka mencari Ting.

Baobei Huija yang berarti 'memulangkan bayi' dikenal reputasinya karena berhasil mempertemukan lebih dari 2.000 anak dengan orangtua biologis mereka sejak didirikan pada 2007.

Guosheng lalu diminta mendaftar ke forum Baobei Huija. Forum online tersebut diikuti oleh para orangtua yang mencari anak serta anak-anak yang kehilangan orangtua mereka.

Setelah mengumpulkan data, organisasi menemukan perempuan yang cocok dengan ciri-ciri seperti Ting Ting, yakni tinggal di Kota Futian, Provinsi Fujian.

Di saat bersamaan, Ting Ting ternyata juga mendaftar ke forum itu untuk mencari orangtua, namun menggunakan nama Ping Ping.

Relawan Baobei Huija lalu menghubungi perempuan yang kini memiliki tiga anak itu di Futian. Untuk memastikan bahwa Ping Ping anak biologis dari Jin Guosheng dan Chen Meilian, organisasi melakukan tes DNA.

Hasil tes menyatakan DNA orangtua dan Ping Ping cocok. Mereka pun dipertemukan oleh Baobei Huija pada 13 Agustus 2019 melalui momen penuh haru dan air mata.

"Saya tak tidur selama beberapa hari, sepertinya seperti ada sesuatu yang bolak-balik di hati saya. Anak perempuan saya, sudah 30 tahun,” ujar Guosheng.

Menurut dia, putrinya saat ini hidup bahagia dengan orangtua asuh.

"Kami akan berterima kasih kepada orangtua serta kakek-nenek angkatnya karena merawat putri kami dengan baik," ujarnya, lagi.

Pasangan itu berencana akan ikut Ting Ting ke Futian untuk bertemu keluarga angkat. Belum diketahui apakah keluarga angkat tersebut yang menculik Ting Ting atau bukan.


Editor : Anton Suhartono