Pertama di Dunia, Thailand Padukan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Biar Manjur Lawan Delta

Anton Suhartono ยท Senin, 12 Juli 2021 - 16:21:00 WIB
Pertama di Dunia, Thailand Padukan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Biar Manjur Lawan Delta
Thailand akan padukan vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan AstraZeneca suntikan kedua guna meningkatkan kemanjuran melawan varian Delta (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id - Thailand akan memadukan dua vaksin Covid-19, Sinovac untuk dosis pertama dan AstraZeneca sebagai suntikan kedua, untuk meningkatkan kemanjuran. Thailand akan menjadi negara pertama yang memadukan vaksin buatan China, Sinovac, dengan Barat, AstraZeneca untuk umum.

Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul mengatakan, perpaduan vaksin Sinovac dan AstraZeneca dianggap mampu melawan Covid varian Delta. 

"Ini untuk menambah perlindungan terhadap varian Delta serta membangun kekebalan tingkat tinggi terhadap penyakit ini," kata Charnvirakul, dikutip dari Reuters, Senin (12/7/2021).

Sebelumnya Thailand melaporkan lonjakan kasus infeksi Covid-19 di tenaga medis dalam 4 bulan terakhir meskipun sudah mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac. Sebanyak 618 tenaga medis dari total 677.348 yang sudah mendapat dosis penuh terpapar pada periode April hingga Juli. Dari jumlah itu, seorang perawat meninggal dan satu pekerja medis lainnya dalam kondisi kritis.

Para tenaga medis Thailand mendapatkan suntikan Sinovac sejak Februari, menyusul kemudian AstraZeneca pada Juni.

Selain memadukan vaksin Sinovac dan AstraZeneca, Thailand juga berencana memberikan suntikan booster kepada tenaga medis yang sudah mendapat dua dosis Sinovac.

Thailand hari ini melaporkan penambahan 8.656 kasus infeksi Covid-19, sehingga totalnya menjadi 345.027 penderita. Di hari yang sama Thailand melaporkan 80 korban meninggal sehingga totalnya 2.791 orang.

Sebagian besar kasus infeksi sejak April lalu dipicu varian Alpha yang pertama ditemukan di Inggris serta Delta asal India.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: