Pertama Kali sejak Ambil Alih Pemerintahan, Taliban Akan Bertamu ke Eropa

Umaya Khusniah ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 20:08:00 WIB
Pertama Kali sejak Ambil Alih Pemerintahan, Taliban Akan Bertamu ke Eropa
Taliban akan bertemu dengan pemerintah Norwegia minggu depan. (Foto: Ist)

OSLO, iNews.id - Taliban akan bertemu dengan pemerintah Norwegia minggu depan. Ini akan menjadi kali pertama sejak Taliban mengambil alih negara itu Agustus lalu, mereka bertemu di Eropa.

Dalam pertemuan itu, rencananya juga akan dihadiri beberapa negara sekutu, aktivis masyarakat sipil dan pembela hak asasi manusia dari Afghanistan. Namun belum diketahui siapa dari pihak Taliban yang akan menghadiri pertemuan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Norwegia pada Jumat lalu mengatakan, mereka telah mengundang perwakilan Taliban ke Oslo pada 23-25 Januari. 

Sebelumnya Taliban melakukan perjalanan ke Rusia, Iran, Qatar dan Pakistan. 

"Kami sangat prihatin dengan situasi serius di Afghanistan. Ada bencana kemanusiaan skala besar menimpa jutaan orang di negara ini," kata Menteri Luar Negeri Norwegia, Anniken Huitfeldt.

Dia menekankan, pertemuan itu bukan legitimasi atau pengakuan terhadap Taliban. Namun dia merasa pemerintahnnya harus berbicara dengan mereka yang dalam praktiknya memerintah negara saat ini.

“Kita tidak bisa membiarkan situasi politik mengarah pada bencana kemanusiaan yang lebih buruk lagi,” katanya.

Kementerian Luar Negeri mengatakan, pertemuan delegasi Taliban juga akan mencakup warga Afghanistan dengan berbagai latar belakang dan bidang, termasuk pemimpin perempuan, jurnalis, dan orang-orang yang bekerja dalam masalah hak asasi manusia dan kemanusiaan, ekonomi, sosial dan politik.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: