Pertama Kali, Vatikan Putuskan Gelar Ibadah Paskah Tanpa Jemaat

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 14:50 WIB
Pertama Kali, Vatikan Putuskan Gelar Ibadah Paskah Tanpa Jemaat

Paus Fransiskus menyampaikan berkat "Urbi et Orbi" ke kota dan kepada dunia dari balkon Basilika Santo Petrus setelah Misa Minggu Paskah di Vatikan. (FOTO: Handout/ VATICAN MEDIA / AFP

ROMA, iNews.id - Vatikan menyatakan perayaan minggu Paskah tahun ini akan diadakan tanpa jemaat. Ini merupakan pertama kalinya ibadah Paskah digelar tanpa umat Katolik, yang disebabkan virus korona.

"Karena darurat kesehatan publik global saat ini, semua perayaan liturgi Pekan Suci akan berlangsung tanpa kehadiran fisik umat beriman," isi pernyataan Rumah Tangga Kepausan, seperti dilaporkan AFP, Minggu (15/3/2020).

Kantor tersebut bertugas mengoordinasikan sebagian besar jadwal dan agenda publik Paus Fransiskus dan audiensi dengan para kepala negara dan pejabat tinggi lainnya.

Vatikan juga menyatakan: "Sampai 12 April, audiensi umum dan Angelus yang dipimpin oleh Bapa Suci hanya akan tersedia dalam streaming langsung di situs web resmi Vatikan News."

Menurut penghitungan terakhir pada Sabtu malam, ada 1.441 kematian di Italia karena COVID-19, dan lebih dari 21.000 orang Italia dinyatakan positif.

Italia merupakan negara Eropa yang paling terpukul sejauh ini dalam pandemi.

Editor : Nathania Riris Michico