Perusahaan Drone Militer Israel Dibobol Hacker, Data Ratusan Karyawan Dicuri

Anton Suhartono ยท Rabu, 28 September 2022 - 12:30:00 WIB
Perusahaan Drone Militer Israel Dibobol Hacker, Data Ratusan Karyawan Dicuri
Perusahaan Israel Elbit America menjadi target serangan hacker (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Produsen drone pertahanan Israel, Elbit, menjadi target peretasan. Kantor cabang Elbit di Amerika Serikat (AS) menjadi target serangan berdampak pada hampir 400 pegawai. 

Perusahaan mengumumkan serangan siber tersebut dalam pemberitahuan kepada pihak berwenang di Maine awal bulan ini. Data pribadi yang sensitif kemungkinan dicuri dari kantor cabang Elbit America di Texas.

Kabar ini pertama kali dilaporkan TechCrunch, Senin (26/9/2022), yang mengungkap ada 369 pegawai yang menjadi target serangan peretasan pada Juni lalu.

“Pada 8 Juni 2022, seseorang berusaha mengganggu operasional siber Elbit America. Kami segera menutup jaringan dan mengambil langkah-langkah untuk mengamankan area,” bunyi pernyataan perusahaan, seperti dilaporkan kembali RT.

Perusahaan lalu menyewa jasa perusahaan keamanan siber terkemuka untuk menyelidikinya. Hasil pemeriksaan, ada aktor tidak dikenal berhasil mengakses dan memperoleh data tertentu dari jaringannya. Data yang dibobol adalah nama individu, alamat, nomor jaminan sosial, tanggal lahir, informasi deposit langsung, dan etnis.

Namun perusahaan tidak yakin adanya penyalahgunaan informasi pribadi akibat insiden ini.

Elbit America tidak menyebut atau mencurigai pihak di balik peretasan tersebut. Namun seorang blogger siber keamanan, Eduard Kovacs, menyebut sebuah kelompok ransomware bernama 'Black Basta' mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Elbit Systems pada akhir Juni. Elbit System merupakan induk dari perusahaan. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda