Pesawat Militer China Jatuh saat Latihan Perang, Sebagian Perairan Laut China Selatan Ditutup

Anton Suhartono ยท Kamis, 10 Maret 2022 - 14:01:00 WIB
Pesawat Militer China Jatuh saat Latihan Perang, Sebagian Perairan Laut China Selatan Ditutup
Pesawat militer China dilaporkan jatuh saat latihan perang di Laut China Selatan (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Intelijen Taiwan meyebut China menutup sebagian perairan Laut China Selatan (LCS) dekat dengan wilayah Vietnam bulan ini untuk mencari pesawat militer yang jatuh. Disebutkan pesawat itu jatuh dalam latihan perang rutin di kawasan sengketa tersebut.

Pada Jumat pekan lalu, China mengumumkan latihan perang selama lebih dari sepekan di LCS, tepatnya antara Provinsi Hainan dan wilayah Vietnam. Militer China memperingatkan agar kapal-kapal komersial internasional menjauhi lokasi itu.

Biro Keamanan Nasional yang menjalankan fungsi intelijen di Taiwan menyatakan kepada parlemen, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/3/2022), satu pesawat China jatuh. Kawasan itu kemudian dinyatakan sebagai daerah terlarang untuk aktivitas pencarian sambil melanjutkan latihan.

Disebutkan China sedang menguji pesaing lain yakni Vietnam serta tentunya Amerika Serikat saat perhatian global tertuju pada perang Rusia dan Ukraina.

Direktur badan intelijen itu Chen Ming Tong mengatakan, dia tidak bisa membeberkan penjelasan rinci mengenai kejadian tersebut dengan alasan sensitivitas.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda