Pesawat Militernya Hilang, Presiden Cile Pinera Terbang ke Lokasi

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 12:11 WIB
Pesawat Militernya Hilang, Presiden Cile Pinera Terbang ke Lokasi

Ilustrasi pesawat militer. (FOTO: doc. Lockheed Martin)

SANTIGO, iNews.id - Pesawat militer Cile yang mengangkut 38 orang hilang. Pesawat hilang kontak pada Senin (9/12/2019) setelah lepas landas dari Kota Punta Arenas.

Pesawat kargo itu disebut sedang menuju pangkalan di Antartika. Sebanyak 17 di antara mereka yang naik adalah kru dan 21 lainnya penumpang.

Dilaporkan AFP, Selasa (10/12/2019), Presiden Sebastian Pinera dilaporkan kecewa dengan insiden itu. Lewat cuitan, dia mengatakan akan terbang ke Punta Arenas bersama dengan Menteri Dalam Negeri Gonzalo Blumel.

Sesampai di sana, mereka akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Alberto Espina untuk memantau misi pencarian dan penyelamatan.

"Sebuah pesawat C-130 Hercules lepas landas pukul 16.55 (19.55 GMT) dari Kota Punta Arenas ke Pangkalan Antartika Presiden Eduardo Frei," demikian pernyataan Angkatan Udara.

Angkatan Udara menyatakan dalam keadaan waspada setelah hilangnya komunikasi pada pukul 14.13 dengan pesawat. Mereka juga sudah memulai operasi penyelamatan dengan pesawat dan kapal Angkatan Laut Cile.

Pesawat bermesin empat itu lepas landas dari pangkalan udara Chabunco di Punta Arenas, sekitar 3.016 kilometer sebelah selatan Santiago.

Pesawat itu melakukan tugas logistik dan mentransfer personel ke pangkalan Antartika untuk memeriksa pipa pasokan bahan bakar, serta pengecekan anti-korosi pada fasilitas di sana.

Insiden ini adalah drama terbaru di negara di Cile, di mana selama hampir dua bulan negara itu dilannda protes dan kerusuhan.

Krisis dan demonstrasi menyebabkan 26 orang tewas dan lebih dari 12.000 luka.

Editor : Nathania Riris Michico