Petinju Manny Pacquiao Bakal Maju dalam Pemilihan Presiden Filipina 2022

Umaya Khusniah ยท Minggu, 19 September 2021 - 18:52:00 WIB
Petinju Manny Pacquiao Bakal Maju dalam Pemilihan Presiden Filipina 2022
Petinju Filipina, Manny Pacquiao (Foto: Essentially Sports)

MANILA, iNews.id - Bintang tinju Manny Pacquiao (42) mengumumkan akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Filipina tahun depan. 

Salah satu faksi partai berkuasa, PDP-Laban, sepakat untuk mengusungnya sebagai calon presiden dalam sidang majelis nasional yang digelar, Minggu (19/9/2021). 

"Saya seorang pejuang dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao, dikutip dari Reuters. 

Pacquiao merupakan atlet tinju profesional peraih gelar juara dunia. Dia merupakan petinju Asia pertama yang meraih gelar juara dunia di delapan kelas berbeda.

Pada Juli, Pacquiao tersingkir dalam pemilihan ketua PDP-Laban. Meski demikian dia tetap punya pengaruh besar di partai itu dan dipercaya memimpin salah satu faksi. Kekalahannya itu hanya beberapa pekan setelah perseteruannya dengan Presiden Rodrigo Duterte. Pacquiao menyabut Duterte terlalu lembek terhadap China soal sengeketa Laut China Selatan serta menuduh pemerintahannya korup.

Sementara itu Duterte yang diusung faksi lainnya di PDP-Laban juga akan maju dalam pemilihan mendatang, tapi sebagai wakil presiden. Aturan di Filpina tak membolehkan presiden menjabat dua periode, melainkan hanya satu untuk masa jabatan 6 tahun.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: