Pidato Kenegaraan Terakhir, Duterte: Saya Tak Pernah Bayangkan Memimpin di Masa Pandemi

Anton Suhartono · Senin, 26 Juli 2021 - 21:42:00 WIB
Pidato Kenegaraan Terakhir, Duterte: Saya Tak Pernah Bayangkan Memimpin di Masa Pandemi
Rodrigo Duterte (tengah) saat menyampaikan State of the Nation Address (SONA) ke-6 (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan pidato kenegaraan terakhir sebelum lengser sebagai pemimpin negara itu pada Juni 2022. Dia berjanji akan membawa Filipina keluar dari pandemi Covid-19 selama sisa setahun kepemimpinannya.

Selain itu Duterte juga bertekad untuk menarik keluar perekonomian Filipina dari resesi akibat dampak hantaman pandemi.

"Dulu ketika saya memutuskan untuk menerima permintaan Anda, mencalonkan diri untuk jabatan lebih tinggi, saya tidak pernah membayangkan bahwa kepemimpinan ini tidak hanya akan dinilai dari bagaimana saya memenuhi janji untuk memerangi narkoba, kriminalitas, dan korupsi, tapi seberapa baik saya memimpin bangsa saya di masa pandemi global ini," katanya, di Gedung DPR Filipina, Quezon City, Manila, Senin (26/7/2021).

Dia menambahkan, pandemi telah merenggut keuntungan ekonomi yang telah dihasilkan pemerintahannya selama 3 tahun berkuasa. Duterte menjabat sejak 2016.

Filipina di 3 tahun pertama pemerintahannya, kata Duterte, memiliki rasio utang terhadap pertumbuhan terendah sejak 1986, memperoleh pendapatan tertinggi sejak 1997, serta menorehkan rating kredit tertinggi dalam sejarah. Selain itu tingkat kemiskinan dan pengangguran berada pada titik terendah.

Dia lalu membela kebijakan pemerintahannya terkait pandemi virus corona. Menurut dia, nyawa paling prioritas untuk diselamatkan. Ini diwujudkan dengan menerapkan lockdown sangat ketat di kota-kota besar.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: