PM Anwar Ibrahim Tinjau Ulang Program Subsidi untuk Rakyat Malaysia

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 27 November 2022 - 18:30:00 WIB
PM Anwar Ibrahim Tinjau Ulang Program Subsidi untuk Rakyat Malaysia
Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. (Foto: Facebook)

KUALA LUMPUR, iNews.idMalaysia sedang meninjau ulang program subsidi yang telah diluncurkan oleh pemerintah sebelumnya. Tujuannya adalah agar program yang diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah itu benar-benar tepat sasaran.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan, dia akan memprioritaskan program kabinetnya untuk mengatasi kenaikan biaya hidup yang terjadi tatkala pertumbuhan ekonomi di Malaysia melambat. Setiap instansi pemerintah memiliki waktu dua pekan untuk meninjau implikasi dari pemangkasan subsidi.

Malaysia selama ini menawarkan beragam subsidi kepada semua warga negara. Bentuknya antara lain berupa subsidi bahan bakar dan minyak goreng—yang menjadi sumber pengeluaran terbesar negara. Negeri jiran itu juga mensubsidi listrik, gula, dan tepung untuk warganya.

“Semua subsidi harus tepat sasaran. Jika tidak, subsidi tersebut tidak hanya dinikmati oleh kelompok berpenghasilan rendah tetapi juga orang-orang kaya,” kata Anwar pada Minggu (27/11/2022), seperti dikutip Reuters.

Menurut dia, pemerintah akan mempertimbangkan insentif lain untuk kalangan industri yang tidak lagi mendapat manfaat dari subsidi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda