PM Jepang Shinzo Abe Akhirnya Umumkan Status Darurat Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 07 April 2020 - 16:37 WIB
PM Jepang Shinzo Abe Akhirnya Umumkan Status Darurat Corona

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akhirnya mengumumkan secara resmi status darurat selama sebulan di Kota Tokyo dan enam kawasan lain di negeri matahari terbit. Pengumuman itu menyusul lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di Jepang dalam beberapa waktu terakhir.

“Ketika saya memutuskan bahwa suatu situasi yang dikhawatirkan memengaruhi kehidupan masyarakat dan ekonomi telah terjadi... saya menyatakan keadaan darurat,” kata Abe di Tokyo, Selasa (7/4/2020) dikutip AFP.

Pengumuman status darurat itu tidak secara langsung memberlakukan karantina atau penguncian ketat (lockdown) seperti yang diterapkan oleh beberapa negara lain di dunia. Akan tetapi, keputusan Abe itu memberi kewenangan kepada gubernur setempat untuk memaksa warga agar tetap di dalam rumah, di samping meminta penutupan tempat-tempat usaha selama status darurat.

Kabinet Abe juga akan meluncurkan paket stimulus ekonomi senilai 108 triliun yen (setara Rp16.351 triliun) atau setara dengan 20 persen dari PDB Jepang. Paket itu diharapakan mampu meredam dampak epidemi Covid-19 pada perekonomian di negeri sakura.

Editor : Ahmad Islamy Jamil