PM Jepang Yoshihide Suga Mulai Kunjungan Asia Tenggara: ASEAN Mitra Sangat Penting

Anton Suhartono ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:06 WIB
PM Jepang Yoshihide Suga Mulai Kunjungan Asia Tenggara: ASEAN Mitra Sangat Penting

PM Jepang Yoshihide Suga memulai lawatan Asia Tenggara (Foto: AP)

TOKYO, iNews.id - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memulai kunjungan Asia Tenggara, Minggu (18/10/2020). Negara pertama yang akan disinggahi adalah Vietnam disusul Indonesia.

Ini merupakan lawatan luar negeri pertama Suga sejak dilantik menjadi perdana menteri baru menggantikan Shinzo Abe bulan lalu.

Suga melanjutkan tradisi Abe, yakni mengunjungi negara ASEAN di awal masa pemerintahan.

Pilihan untuk mengunjungi Asia Tenggara menggarisbawahi upaya Jepang untuk melawan pengaruh China dan membangun hubungan ekonomi dan pertahanan lebih kuat di kawasan, sangat sejalan dengan visi Abe tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Negara-negara ASEAN merupakan mitra kami yang sangat penting untuk mencapai Indo-Pasifik bebas dan terbuka yang telah dipromosikan Jepang,” kata Suga, kepada sebelum menaiki pesawat untuk memulai penerbangannya ke Hanoi, seperti dikutip dari Associated Press.

"Sebagai bagian dari Indo-Pasifik, Jepang berkomitmen untuk berkontribusi di kawasan ini dan saya akan menyampaikan hal ini dengan jelas kepada masyarakat kita di dalam dan luar negeri," tuturnya, lagi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua