PM Pakistan Imran Khan Menangkan Mosi Percaya dari Parlemen

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 06 Maret 2021 - 17:05:00 WIB
PM Pakistan Imran Khan Menangkan Mosi Percaya dari Parlemen
Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan. (Foto: AFP)

ISLAMABAD, iNews.id – Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, memenangkan mosi percaya dari parlemen pada Sabtu (6/3/2021). Kemenangan itu diperoleh Khan di tengah seruan boikot oleh kelompok oposisi terhadap pemungutan suara anggota dewan dan bentrokan antara pendukung pemerintah dan pemimpin oposisi di luar gedung parlemen.

Khan mampu mengamankan 178 suara di Parlemen Pakistan. Perolehan itu melebihi syarat minimal 172 suara yang dibutuhkan untuk memenangkan kepercayaan dewan.

Khan secara sukarela mencari kepercayaan parlemen setelah menteri keuangannya, Abdul Hafeez Shaikh, gagal meraih kursi Senat Pakistan, awal pekan ini. Dalam Pemilu Senat pada 3 Maret lalu, Shaikh kalah dari kelompok oposisi yang didukung mantan perdana menteri Yousaf Raza Gillani.

Namun, upaya Khan memenangkan mosi percaya dari parlemen sempat diadang para lawan politiknya. Partai-partai oposisi memboikot sesi pemungutan suara dewan tersebut, dengan dalih bahwa kekalahan kursi Senat sudah cukup untuk menunjukkan bahwa Khan tidak lagi mendapat kepercayaan parlemen, sehingga mosi percaya tidak diperlukan.

“Sebuah sesi ilegal digelar untuk menipu rakyat Pakistan,” kata mantan perdana menteri yang juga pemimpin oposisi, Shahid Khaqan Abbasi, kepada wartawan di luar gedung parlemen, dikutip Reuters, Sabtu (6/3/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: