PM Selandia Baru Jacinda Ardern Klaim Menangkan Perang Melawan Virus Corona

Anton Suhartono ยท Senin, 27 April 2020 - 13:15 WIB
PM Selandia Baru Jacinda Ardern Klaim Menangkan Perang Melawan Virus Corona

Jacinda Ardern (Foto: AFP)

WELLINGTON, iNews.id - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengklaim negaranya telah memenangkan perang melawan penularan virus corona.

Pengumuman itu disampaikan Ardern seiring dengan pencabutan lockdown sebagian di Selandia Baru.

“Tidak ada penyebaran, tidak terdeteksi penularan masyakarat di Selandia Baru. Kami telah memenangkan peperangan ini,” kata Ardern, dikutip dari AFP, Senin (27/4/2020).

Setelah hampir 5 pekan menerapkan status darurat Level 4 yang merupakan tertinggi, Selandia Baru akan menurunkan menjadi Level 3 pada Senin malam.

Pada tingkat ini, beberapa jenis usaha selain terkait dengan kebutuhan pokok diperbolehkan beroperasi kembali, seperti restoran dan sekolah.

Namun Ardern memperingatkan, belum bisa dipastikan tentang kapan kasus virus corona benar-benar hilang dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

“(Semua orang) Ingin kembali melakukan kontak sosial yang dilewatkan selama ini, tapi untuk mencapainya kita perlu bergerak secara perlahan dan hati-hati,” tuturnya.

Ardern menegaskan tidak akan mengambil risiko untuk membuat negaranya terbebas dari Covid-19.

“Saya tak akan mengambil risiko atas hasil yang telah kita capai dalam menjaga kesehatan warga Selandia Baru. Jadi jika kita perlu tetap di Level 3, kita akan melakukannya,” tuturnya.

Selandia Baru mengonfirmasi satu kasus baru dalam 24 jam terakhir, sehingga total menjadi 1.122. Sebanyak 19 di antaranya meninggal.

Editor : Anton Suhartono