KTT ASEAN

Polisi Filipina Ungkap Rencana Serangan Bom saat KTT ASEAN

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 November 2017 - 17:48 WIB
Polisi Filipina Ungkap Rencana Serangan Bom saat KTT ASEAN

(Foto: AFP)

MANILA, iNews.id – Polisi Filipina menggagalkan upaya serangan bom di sebuah pusat perbelanjaan di Manila dengan tujuan untuk mengacaukan pertemuan KTT ASEAN pada 11-12 November 2017.

Polisi menangkap tiga orang yang diduga anggota kelompok Abu Sayyaf pada 10 November, sehari sebelum para kepala negara dari negara-negara ASEAN serta negara lain tiba. Tiga orang itu terdiri dari dua pria berusia 19 tahun dan seorang berusia 24 tahun. Mereka tinggal di daerah kumun di utara Manila.

"Serangan teror bisa saja terjadi jika tidak ada penangkapan," demikian pernyataan kepolisian Filipina, seperti dikutip dari AFP, Jumat (17/11/2017).

Dari pelaku, polisi juga menyita beberapa pistol dan granat.

KTT ASEAN dan Pertemuan Asia Timur berjalan tanpa halangan pada 11-12 November 2017. Tempat pertemuan digelar di gedung yang sudah diisolasi dari potensi teror. Orang-orang yang masuk juga diperiksa ketat dan dibatasi.

Polisi juga menemukan sebuah posting-an di Facebook yang mengancam akan melancarkan aksi teror di Manila. Tapi polisi tidak menyebutkan kapan serangan itu akan dilakukan. Di akun itu juga dicantumkan gambar lokasi-lokasi yang menjadi target, seperti pusat perbelanjaan serta taman kota.

Kepala Kepolisian Filipina Ronald Dela Rosa mengatakan pihaknya masih memeriksa apakah ancaman terbaru ini ada kaitannya dengan yang sebelumnya.


Editor : Anton Suhartono