Polisi Penjaga Tim Vaksinasi Polio Tewas Diserang Kelompok Bersenjata

Umaya Khusniah ยท Minggu, 19 September 2021 - 19:18:00 WIB
Polisi Penjaga Tim Vaksinasi Polio Tewas Diserang Kelompok Bersenjata
Polisi Pakistan. (Foto: Anadolu)

ISLAMABAD, iNews.id - Seorang polisi yang melindungi tim vaksinasi polio di Barat Laut Pakistan dibunuh kelompok bersenjata, Minggu (19/9/2021). Peristiwa ini menjadi salah satu dari serangkaian serangan yang menargetkan vaksinator di negara tersebut. 

Dilansir dari Anadolu, insiden itu terjadi di Kohat, Provinsi Khyber Pakhtunkwa, yang berbatasan dengan negara tetangga, Afghanistan.

Kepala polisi kota Kohat, Khalid Suhail mengatakan, tersangka militan yang mengendarai sepeda motor menargetkan tim vaksinasi polio di pinggiran Kohat. Seorang polisi tewas sementara tim vaksinasi selamat. 

Hingga saat ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), sebuah konsorsium dari beberapa kelompok militan di Pakistan diketahui telah lama menargetkan tim vaksinasi di seluruh negeri. 
Mereka mengklaim kampanye vaksinasi merupakan konspirasi Barat untuk mensterilkan anak-anak.

Pemerintah telah meluncurkan kampanye vaksinasi anti-polio di seluruh provinsi dalam upaya untuk memberantas penyakit yang melumpuhkan itu. Tidak ada kasus polio baru yang dilaporkan untuk beberapa waktu di negara nuklir Asia Selatan ini dan diharapkan polio dapat diberantas pada akhir tahun 2021.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: