Politikus Malaysia Bukan-bukaan soal Pengunduran Diri Mahathir sebagai Perdana Menteri

Anton Suhartono ยท Minggu, 29 November 2020 - 14:09:00 WIB
Politikus Malaysia Bukan-bukaan soal Pengunduran Diri Mahathir sebagai Perdana Menteri
Mahathir Mohamad (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Politikus Malaysia Azmin Ali mengungkap keinginan yang kuat dari Mahathir Mohamad untuk menjadi perdana menteri kembali setelah mundur pada Februari dulu.

Menurut dia, sebagaimana wawancara dengan The Star, ide awal pembentukan koalisi Perikatan Nasional justru lahir dari Mahathir. Perikatan Nasional dibentuk setelah partai-partai koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim pecah.

Melalui Perikatan Nasional, kata Azmin, Mahathir ingin kembali menjadi perdana menteri dengan dukungan seluruh parleman lintas partai serta keluar dari bayang-bayang Anwar Ibrahim. Namun saat itu Mahathir gagal mendapat dukungan yang cukup.

Azmin merupakan bekas anak buah Anwar di Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang membelot dan bergabung dengan koalisi Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

"Perikatan bukanlah pemerintah pintu belakang karena ada kekosongan (jabatan perdana menteri). Saya tidak menyarankan pada saat itu, jika (pengunduran diri Mahathir) tidak terjadi maka kami mengetuk pintu dan membawa dia keluar lalu kami masuk," kata pria yang menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional itu.

Berkaitan dengan apa yang terjadi sebelum pengunduran diri Mahathir, Azmin menjelaskan, pada 23 Februari, koalisi menyerahkan 131 surat deklarasi dukungan anggota parlemen dari lintas partai ke Raja Malaysia, Sultan Abdullah.

Menurut dia, saat itu koalisi sepakat mendukung Mahathir untuk tetap melanjutkan kepemimpinan Malaysia.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3