Polwan Arab Saudi Banjir Pujian saat Bertugas Mengawasi Jemaah Umrah di Masjidil Haram

Djairan ยท Rabu, 21 April 2021 - 10:12:00 WIB
Polwan Arab Saudi Banjir Pujian saat Bertugas Mengawasi Jemaah Umrah di Masjidil Haram
Polwan Arab Saudi yang bertugas mengawasi jemaah umrah di Masjidil Haram mendapat pujian netizen (Foto: SPA)

MAKKAH, iNews.id - Aksi langka polisi wanita (polwan) Arab Saudi mengawasi jemaah umrah di Masjidil Haram selama Ramadan banjir pujian. Foto seorang polwan saat bertugas beredar di media sosial setelah diunggah kantor berita Saudi Press Agency (SPA) sejak Senin (19/4/2021).

Momen itu dinilai menunjukkan kemajuan kontribusi perempuan di banyak bidang di bawah program Vision 2030 Saudi. Program yang digagas Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) itu salah satunya mendorong partisipasi perempuan Saudi di berbagai bidang.

“Seorang polwan Saudi di Makkah mengawasi para jemaah. Ini perubahan luar biasa bagi masyarakat Saudi,” ujar Ali Shihabi, penulis serta pengamat politik dan ekonomi Timur Tengah di Twitter, seperti dikutip Alarabiya, Rabu (21/4/2021).

Kementerian Pertahanan Arab Saudi pada Februari lalu mengumumkan bahwa perempuan di lingkungan kerajaan diizinkan bergabung di semua angkatan militer melalui portal penerimaan terpadu, layaknya pria.

Artinya, perempuan sekarang dapat bergabung dengan Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut kerajaan, bahkan Pasukan Rudal Strategis serta Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Tak hanya itu, perempuan Saudi juga berkesempatan mengisi berbagai posisi penting di berbagai pangkat militer, seperti kopral, sersan, dan staf di beberapa cabang angkatan bersenjata.

Editor : Anton Suhartono